Ipang Wahid: Danau Toba Diarahkan ke Muslim Friendly Tourism

Super Administrator

oleh Super Administrator

8 April 2021
Ipang Wahid: Danau Toba Diarahkan ke Muslim Friendly Tourism

Ketua Tim Quick Win 5 Destinasi Super-Prioritas Irfan Wahid atau biasa dipanggil Ipang Wahid menyatakan bahwa pemerintah akan menjadikan kawasan wisata Danau Toba sebagai kawasan yang muslim friendly

Langkah yang dilakukan adalah dengan menyediakan banyak rumah makan yang menyediakan makanan halal dan juga tempat-tempat ibadah untuk salat.

Ipang menjelaskan, belum pernah terpikirkan oleh pemerintah untuk menjadikan Kawasan Toba sebagai kawasan wisata halal. Alasannya, kearifan lokal di Toba tidak seperti itu. "Presiden cuma mengarahkan kepada kami agar destinasinya harus muslim friendly. Mudah mendapatkan makanan halal dan mudah untuk bisa sholat," jelas dia dikutip dari keterangan tertulis, Selasa (3/9/2019).

Menurut Ipang, ada yang keliru dalam penggunaan terminologi. Kawasan Toba tidak akan dibuat seperti di Sumatera Barat, Aceh ataupun NTB yang mengedepankan wisata halal. kawasan Danau Toba hanya akan diarahkan Muslim Friendly Tourism, yaitu wisatawan yang muslim mudah mendapatkan makanan yang halal, mudah mendapatkan tempat salat.
 

Hal yang terkait dengan artikel ini