Samosir Maze

Super Administrator

oleh Super Administrator

8 April 2021
Samosir Maze

Medan (Antaranews Sumut) - Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumatera Utara menyalurkan bantuan 4.016 ekor sapi potong dan kambing PE atau peranakan Etawa kepada kelompok tani di daerah itu.

"Sebanyak 4.016 ekor itu terdiri dari 2.016 sapi potong dan 2.000 ekor kambing PE.Bantuan itu berupa hibah,"ujar Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumut, Dahler Lubis di Medan, Rabu.

Dia mengatakan itu usai melihat kandang penampungan kambing di Desa Dalu X B, Kecamatan Tanjungmorawa, Kabupaten Deliserdang dan kandang penampungan sapi di Desa Bandar Marihat, Kecamatan Bandar, Kabupaten Simalungun, Sumut.

Dalam kesempatan itu, Dahler juga menyerahkan bantuan ternak sapi potong sebanyak delapan ekor kepada petani yang tergabung dalam Koperasi CU Batama Abadi di Kelurahan Kerasaan I, Kecamatan Pematang Bandar, Simalungun.

Menurut dia, bantuan ternak itu untuk mendukung terwujudnya ketersediaan dan bahkan swasembada daging di Sumut. Dahler menjelaskan, hingga saat ini, populasi sapi potong Sumut masih berkisar 750.000 ekor.

Sementara untuk bisa swasembada daging, populasi yang tersedia harus berkisar satu juta ekor.

"Jadi, untuk mencapai populasi itu, salah satunya adalah dengan memberikan bantuan ternak kepada petani dan menjalankan program sapi indukan wajib bunting (Siwab),"katanya.

Didampingi Ketua Tim Teknis Dewan Ketahanan Pangan Sumut Prof Bilter Sirait dan Kabid Peternakan, Nurdin Effendi Lubis , Dahler.menyebutkan, bantuan ternak sapi dan kambing itu diberikan kepada petani melalui kelompok tani/ternak yang telah memenuhi syarat.